Sabtu, 13 Juli 2013

Manfaat kurma


Manfaat Buah Kurma - Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, Buah yang banyak di tanam di daerah timur tengah ini memiliki kandungan zat yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Manfaat Buah Kurma sangat bagus untuk yang sedang menjalankan ibadah puasa, karena memiliki kandungan energi dan karbohidat yang besar. Biasanya kurma banyak sekali diperjual belikan pada saat bulan puasa dan sangat cocok untuk makanan berbuka puasa dan sahur.
Kandungan gizi yang terdapat dalam kurma sangat banyak seperti energi, karbohidrat, protein, serat makanan, asam folat, niacin, asam pantotenat, piridoksi, thiamin, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, sodium, potasium, kalium, kalsium, besi, magnesium, betakaroten. Di dalam kandungan tersebut kurma mempunyai beberapa manfaat dan khasiat.

Manfaat Buah Kurma

Membantu ibu hamil dan proses persalinan.
Kurma kering dapat menguatkan sel-sel usus karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan. Kurma basah atau yang masih segar dapat mencegah terjadi pendarahan bagi wanita ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran. Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui. Kurma juga Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya.

Untuk kesehatan usus.
Kandungan ni kotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam dari gangguan usus. Asupan kurma yang rutin dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan organisme patologis.

Memperlancar saluran kencing.
kandungan yang terdapat di dalam kurma ternyata berkhasiat memperlancar saluran kencing dan membantu mencegah penyakit kencing batu dan prostat.

Mencegah Stroke.
Menurut para ahli gizi, ternyata kurma mampu mencegah stroke. Menghilangkan sebagian kolesterol jahat yang menempel pada pembuluh darah sehingga mampu mencegah stroke.

Kecantikan kulit.
Kandungan vitamin B6 dan protein yang ada dalam buah kurma ternyata mampu mencegah dermatitis (infeksi kulit) dan membuat warna kulit menjadi segar dan tidak pucat.

Menetralisir asam.
Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.

Kesehatan mata.
Kandungan vitamin A yang ada di kurma sangat bagus untuk kesehatan mata dan berfungsi memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

Sumber energi.
Energi dan karbohidrat yang terkandung di dalam buah kurma sangat bagus untuk yang sedang menjalankan ibadah puasa. Selain bagus untuk sahur dan berbuka puasa, kurma memiliki kandungan yang membuat cepat kenyang, sehingga sangat bagus juga untuk diet.

Mencegah sembelit.
Kandungan serat yang terdapat di kurma dapat mencegah sembelit dan susah buang air besar.

Meningkatkan stamina pria.
Penelitian telah menunjukkan bahwa kurma bahkan bermanfaat untuk meningkatkan “stamina khusus” pria. Rendam segenggam kurma didalam susu kambing segar pada malamnya, kemudian digiling dengan susu yang sama dan dicampuran dengan bubuk kapulaga dan madu. Campuran ini akan menjadi suplemen yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan Pria, sekaligus juga mengurangi kemandulan yang disebabkan oleh berbagai macam gangguan reproduksi.

Walaupun kurma memiliki banyak manfaat dan khasiat, anda juga harus memperhatikan didalam memilih buah nya. Pilihlah yang benar-benar segar atau yang berada di dalam kemasan yang bagus. Semoga Manfaat Buah Kurma bagi kesehatan di atas bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar